Belt Conveyor

 

belt cleanerBelt conveyor ialah alat angkut yang dapat dipakai guna jarak pendek, sampai-sampai biasa dinamakan Belt Loader atau Belt Dumper, namun dapat juga digunakan untuk jarak angkut yang jauh, melebihi 1500 meter. Sekarang telah ada Belt Conveyor sebagai perangkat transportasi guna jarak jauh yang melebihi 30 km. Biasanya Belt Conveyor dipilih bilamana tonase material yang akan dibawa per satuan waktu ialah besar (Indonesianto. 2005).
Belt conveyor adalahsuatu perangkat pemindah material yang berbasis teknologi tinggi yang semakin tidak sedikit digunakan pada industri – industri yang sedang berkembang dibeberapa negara. Dengan memakai Belt Conveyor, perusahaan dapat menghemat ongkos produksi yang paling tinggi, serta menambah laju buatan dengan kecepatan yang signifikan dan stabil (Alfian, H. 2011).
Belt Conveyor atau konveyor sabuk ialah media pengangkutan yang dipakai untuk mengalihkan muatan dalam format satuan atau tumpahan, dengan arah horizontal atau menyusun sudut inklinasi dari sebuah sistem operasi yang satu ke sistem operasi yang beda dalam sebuah jalur proses produksi, yang memakai sabuk (Belt) sebagai penghantar muatannya (Zainuri, 2006).
Kelebihan dari transportasi dengan Belt Conveyor antara beda bekerja secara otomatis, gampang dalam mengawali operasi dan terus beroperasi secara terus menerus. Belt Conveyor nyaris tidak mempunyai waktu jeda atau istirahat saat beroperasi, tidak terganggu oleh cuaca buruk, yang tidak jarang mengganggu truk pengangkutan. Belt Conveyor pun membutuhkan tenaga kerja yang jauh lebih sedikit dikomparasikan alat transportasi konvensiona laksana truk (Hartman, 1992).

Pengertian Belt Conveyor dan Apa Saja Jenisnya

Pernah menyaksikan rangkaian ban berlangsung di bandara atau di restoran sushi? Nah, susunan ban berlangsung tersebut tidak jarang disebut pun sebagai belt conveyor. Rangkaian ban berjalan itu tak hanya digunakan di bandara saja, tapi pun di bidang industri baik pengemasan, fabrikasi maupun pertambangan. Berikut penjelasan definisi belt conveyor dan apa saja jenisnya yang terdapat di pasaran.

Pengertian Belt Conveyor
Pengertian belt conveyor dapat diartikan sebagai susunan ban berlangsung yang digunakan untuk mengalihkan atau membawa barang atau material secara horizontal maupun miring. Material belt atau sabuk yang digunakan pada belt conveyor dapat terbuat dari karet maupun logam tergantung jenis barang yang dipindahkan. Dalam perkembangannya, belt conveyor terdapat yang digunakan untuk mengalihkan barang atau material secara vertikal laksana pada scraper conveyor. Sementara itu, material yang dapat diangkut memakai belt conveyor cukup pelbagai bisa berupa pasir, semen, batu bara, kwarsa, granit, kemasan makanan, botol minuman maupun barang lainnya.

Jenis Belt Conveyor
Selain mengetahui pengertian belt conveyor, Anda pun perlu mengetahui jenis-jenis belt conveyor. Beberapa jenis belt conveyor yang dapat Anda temui diantaranya inilah ini :

Flat Belt Conveyor
Flat belt conveyor adalahsistem belt conveyor yang paling tidak sedikit dipakai ketika ini. Sabuk atau ban pada flat belt conveyor dapat terbuat dari material karet, logam, nylon, polyester atau material lainnya yang ditarik secara mendatar oleh sebuah katrol. Benda yang hendak dipindahkan lumayan diletakkan di atas sabuk flat belt conveyor lantas secara otomatis bakal bergerak hingga ke ujung sistem conveyor.

Modular Belt Conveyor
Pengertian belt conveyor berjenis modular ialah belt conveyor yang menggunakan sistem sabuk tercipta dari segmen atau plat tunggal yang disambungkan satu sama lain. Segmen atau plat itu umumnya tercipta dari material plastik yang keras yang dapat diganti satu per satu. Karena dapat diganti per segment, modular belt conveyor dinilai lebih gampang pengelolaannya daripada model flat belt conveyor. sabuk dari plastik keras pun mudah dibersihkan, tidak berkarat dan tidak terlampau tajam sampai-sampai tak tidak sedikit menimbulkan masalah.

Cleated Belt Conveyor
Cleated belt conveyor adalahsistem belt conveyor yang menggunakan sabuk tercipta dari material bergerigi yang tak rata atau sabuk dengan plat dinding di sisi conveyor. Penggunaan material bergerigi ini bertujuan supaya barang atau material yang dialihkan tak gampang terjatuh sekitar proses pemindahan. Jenis belt conveyor ini sesuai dipakai untuk mengalihkan barang dari bawah ke atas atau kebalikannya dengan jalur miring.

Di samping jenis belt conveyor di atas, terdapat jenis conveyor lainnya yaitu scraper conveyor. Conveyor ini lumayan unik sebab mempunyai komponen rantai di unsur tengah yang mengunci segmen conveyor supaya bisa mengalihkan barang dari bawah ke atas atau sebaliknya. Anda dapat menemukan jenis conveyor scraper pada pemindahan barang dari dasar laut ke permukaan atau proses penambangan lainnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *