Perlengkapan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3)

Tujuan K3 :
– Untuk merawat kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.
– Untuk membuat tempat kerja yang aman, sehat dan bebas dari perusakan lingkungan.
– Dapat meminimalisir dan atau bebas dari kemalangan yang pada kesudahannya dapat menambah sistem dan produktifitas kerja.

Peranan Dan Fungsi K3 :
– Setiap Tenaga Kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam mengerjakan pekerjaan guna kelsejahteraan hidup dan menambah produksi serta produktifitas nasional.
– Setiap orang yang bertolak belakang ditempat kerja butuh terjamin keselamatannya
– Setiap sumber buatan perlu digunakan dan dipergunakan secara aman dan efisien.
– Bagi mengurangi ongkos perusahaan andai terjadi kemalangan kerja dan penyakit dampak hubungan kerja sebab sebelumnya telah ada perbuatan antisipasi dari perusahaan.

Norma :
– Aturan sehubungan dengan keselamatan dan kesehtan kerja.
– Di lakukan untuk mengayomi tenaga kerja.
– Resiko kemalangan dan penyakit dampak kerja.

Undang-Undang :
– UU No.1 tahun 1970
– UU No.21 tahun 2003
– UU No.13 tahun 2003
– Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. PER-5/MEN/1996

Jenis Bahaya :
1. Contoh Jenis Kimia :
– Abu saldo pembakaran bahan kimia
– Uap bahan kimia
– Gas bahan kimia

2. Contoh Jenis Fisika :
– Suatu temperatur udara yang terlampau panas maupun terlampau dingin.
– Keadaan yang paling bising.
– Keadaan udara yang tidak normal.
– Kerusakan pendengaran
– Suatu suhu tubuh yang tidak normal
– Jenis Proyek/ Pekerjaan
– Pencahayaan atau penerangan yang kurang.
– Bahaya dari pengangkutan barang.
– Bahaya yang dimunculkan oleh peralatan

3. Contoh Jenis Proyek/Pekerjaan :
– Kerusakan penglihatan
– Pemindahan barang yang tidak hati-hati sampai-sampai melukai pekerja.
– Peralatan tidak cukup lengkap dan pengamanan sehngga melukai pekerja.

Distributor perlengkapan safety JakartaPenerapan K3 dalam kegiatan proyek dilaksanakan dengan meluangkan perlengkapan APD (Alat Pelidung Diri) yang berstandart disetiap kegiatan proyek cocok kebutuhan.

Berikut Perlengkapan standar meanajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) :

Safety Helmet

Helmet atau topi Pelindung dipakai untuk mengayomi Kepala dari penyampaian bahaya laksana kejatuhan benda ataupun penyampaian bahaya aliran listrik.

Pemakaian Topi Pelindung (Safety Helmet) mesti cocok dengan lingkar kepala sampai-sampai nyaman dan efektif mengayomi pemakainya.

Terdapat 3 jenis helmet menurut perlindungannya, yaitu:

1. Helmet Tipe General (G) yang dapat mengayomi kepala dari terbentur dan kejatuhan benda serta meminimalisir paparan bahaya aliran listrik yang bertegangan rendah sampai 2.200 Volt.

2. Helmet Tipe Electrical (E) yang dapat mengayomi kepala dari terbentur dan kejatuhan benda serta meminimalisir paparan bahaya aliran listrik yang bertegangan tinggi sampai 22.000 Volt.

3. Helmet Tipe Conductive (C) yang melulu dapat mengayomi kepala dari terbentur dan kejatuhan benda namun tidak mengayomi kepala dari penyampaian bahaya aliran listrik.

 

Safety Glasses

Kacamata Pelindung ialah alat yang dipakai untuk mengayomi mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil, meminimalisir sinar yang menyilaukan serta cipratan bahan kimia. kacamata pelindung terdiri dari 2 Jenis yakni :

1. Safety Spectacles, berbentuk kacamata biasa dan melulu dapat mengayomi mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil dan meminimalisir sinar yang menyilaukan. Biasanya digunakan pada proses menyolder dan proses pemotongan kaki komponen.

2. Safety Goggles, kacamata yang bentuknya menempel tepat pada muka. Dengan Safety Goggles, mata bisa terlindung dari bahaya cipratan bahan kimia, asap, uap, debu dan loncatan benda tajam. Biasanya digunakan oleh teknisi mesin produksi.

Safety Ears

Ada 2 (dua) jenis Pelindung pendengaran :

1. Ear Plug

Penyumbat Telinga atau Ear Plug dipakai untuk mengayomi alat pendengaran yakni telinga dari Intensitas Suara yang tinggi.

Dengan memakai Ear Plug, Intensitas Suara bisa dikurangi sampai 10 ~ 15 dB. Ear Plug seringkali digunakan oleh Pekerja yang bekerja di wilayah produksi yang mempunyai suara mesin tinggi laksana SMT (Surface Mount Technology) ataupun Mesin Produksi lainnya.

2. Ear Muff

Penutup Telinga atau Ear Muff ialah alat yang dipakai untuk mengayomi alat pendengaran dari Intensitas Suara yang tinggi.

Ear Muff dapat meminimalisir intensitas suara sampai 20 ~ 30dB. Ear Muff terdiri dari Head Band dan Ear Cup yang tercipta dari bantalan busa sampai-sampai dapat mengayomi bagian luar telinga (daun telinga).

Ear Muff sering dipakai oleh Teknisi Mesin dan Generator (Genset).

Safety Mask
Ada dua jenis perangkat pelindung pernafasan :

1. Masker

Masker ialah alat yang dipakai untuk mengayomi alat-alat pernafasan laksana Hidung dan Mulut dari resiko bahaya laksana asap solder, debu dan bau bahan kimia yang ringan.

Masker seringkali terbuat dari Kain atau Kertas. Masker umumnya digunakan di proses menyolder.

2. Respirator

Respirator ialah alat yang dipakai untuk mengayomi alat-alat pernafasan laksana Hidung dan Mulut dari resiko bahaya laksana asap solder, bau bahan kimia, debu, Uap, Gas serta Partikel Mist dan Partikel Fume.

Respirator sering digunakan oleh Teknisi Mesin Solder, Operator Pengecatan (Painting) dan Proses bahan Kimia lainnya.

Safety Gloves
Sarung Tangan ialah perlengkapan yang digunkan untuk mengayomi tangan dari kontak bahan kimia, tergores atau lukanya tangan dampak sentuhan dengan benda runcing dan tajam.

Sarung Tangan seringkali dipakai pada proses persiapan bahan kimia, pemasangan komponen yang agak tajam, proses pemanasan dan beda sebagainya. Jenis-jenis sarung tangan diantaranya ialah sebagai inilah :

1. Sarung Tangan Katun (Cotton Gloves), dipakai untuk mengayomi tangan dari tergores, tersayat dan luka ringan.

2. Sarung Tangan Kulit (Leather Gloves), digunakna untuk mengayomi tangan dari tergores, tersayat dan luka ringan.

3. Sarung Tangan Karet (Rubber Gloves), dipakai untuk mengayomi tangan dari kontak dengan bahan kimia laksana Oli, Minyak, Perekat dan Grease.

4. Sarung Tangan Electrical, dipakai untuk mengayomi tangan dari kontak dengan arus listrik yang bertegangan rendah hingga tegangan tinggi.

Safety Shoes
Sepatu Pelindung atau Safety Shoes ialah perlengkapan yang dipakai untuk mengayomi kaki dari kejatuhan benda, benda-benda tajam laksana kaca ataupun potongan baja, larutan kimia dan aliran listrik.

Sepatu Pelindung terdiri dari baja diujungnya dengan dibungkus oleh karet yang tidak bisa menghantarkan listrik. Sepatu Pelindung wajib dipakai oleh Teknisi Mesin dan Petugas Gudang.

Safety Wearpack
Celemek dan wearpack atau tidak jarang disebut dengan apron ialah alat pelindung tubuh dari cipratan bahan kimia dan suhu panas.

Apron atau Celemek sering dipakai dalam proses persiapan bahan-bahan kimia dalam buatan seperti Grease, Oli, Minyak dan Adhesive (perekat).Sedangkan Wearpack adalahalat pelindung diri yang dipakai sebagai pelindung ketika berada di bawah mobil, atau didaerah lainnya yang kotor.

Sehingga baju yang digunakan dapat terlindungi dari oli yang berceceran. Selain digunakan untuk perlindungan diri, wearpack juga digunakan untuk menunjukkkan identitas perusahaan lokasi seorang bekerja.

Safety Flame VestRompi nyala umum dipakai pada setiap kegiatan proyek baik siang maupu malam hari dilengkapi dengan warna engineer greed yang bisa memantulkan cahaya ketika terkena sinar lampu. Rompi ini sesuai digunakan pada malam hari disekitar lokasi lalu lintas proyek.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *